Sunday, February 13, 2011

Pewaris Serigala Machiavellian

by Leonard Marpaung on Saturday, February 12 Februari 2011

Panitia khusus, panitia & hak angket, hak budget, interpelasi, mosi tak percaya yang bergulir selama ini  ternyata hanya hiasan bunga bunga yang tak indah warnanya dan tidak semerbak harumnya;  century, kasus pajak, rekening gendut, cek perjalanan, gembar gembor clean and good governance hanya trik-trik yang hilir mudik dan permainan kata kata semata, gaya dan vokal yang nyaring cuma personifikasi tong kosong.

Sebuah renungan yang amat menyedihkan, kita ini bagai orang kerdil yang mengaku kaum terpelajar tapi tidak sekalipun mempunyai hati nurani yang menjerit melihat ketidakadilan dan kepalsuan, sungguh tak terbayang kita akan mewariskan kepada generasi muda berikutnya, anak anak kita, mesin yang bobrok,kerusakan sistemik dan utang politik yang sangat rumit karena  yang terpaksa lahir dari hasil kumpulan persekongkolan serigala serigala machiavelian.

Seorang Freis Ermessen telah meramalkan bahwa kebijakan "beschikking" atau "decree" yang dibuat secara serampangan (detournement de pouvoir) oleh para pembuat atau pendahulu niscaya akan menciptakan kepanikan dan kerusakan sistemik bagi pewarisnya. (LM)

No comments:

Post a Comment